Tips Cantik - Cara Ampuh Mengatasi Jerawat di Sekitar Mulut

Tips Cantik - Cara Ampuh Mengatasi Jerawat di Sekitar Mulut

Jerawat merupakan akibat dari infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri yang memicu pembentukan jerawat dan komedo. Gejala jerawat umumnya terjadi di bagian wajah, tapi kadang-kadang bisa terjadi di sekitar mulut.

Penyebab Jerawat

Jerawat terjadi karena ganguan fungsi kelenjar sebaceous. Kelenjar ini terletak jauh didalam lapisan kulit. Mereka hadir dalam jumlah besar di bagian kulit wajah. Kelenjar ini menghasilkan zat berminyak yang lebih dikenal sebagai sebum yang berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit.
Sebum yang memadai sangat penting untuk mencegah kulit kekeringan, namun ketika kelenjar sebaceous mengeluarkan sebum dalam jumlah berlebihan, sehingga memblokir pori-pori kulit. Sebum yang terperangkap dalam pori-pori kulit menjadi tempat yang sempurna bagi bakteri untuk berkembang biak. Pertumbuhan bakteri pada kulit memicu reaksi inflamasi yang menyebabkan jerawat. Jerawat di sekitar mulut bisa juga disebabkan karena infeksi jamur. Candida albicans (ragi) adalah jamur alami yang ada tubuh kita. Jamur ini juga hidup di kulit dan dalam selaput lendir vagina dan mulut. Namun, ketika jamur berkebang biak secara ekstrim, dapat menyebabkan jerawat di sekitar mulut.

Mengatasi Jerawat di Sekitar Mulut

Langkah pertama untuk mengobati masalah jerawat di sekitar mulut adalah makan makanan bergizi yang terdiri dari sayuran berdaun hijau dan buah-buahan yang kaya akan vitamin A dan vitamin E. Jauhi makanan bergula tinggi dan junk food karena mereka dapat memperburuk masalah. Selain dengan pola makan, berikut ini pilihan pengobatan untuk membersihkan jerawat di sekitar mulut. 

1.Minum Banyak Air Putih 

Untuk menyingkirkan jerawat disekitar mulut, minum banyak air terbukti dapat membantu. Masalah kulit seperti jerawat dan rosacea bisa dikurangi dengan minum air yang cukup 7-8 gelas perhari. 

2. Produk Perawatan Kulit

Ada banyak produk perawatan kulit yang dapat membantu untuk menyembuhkan jerawat di sekitar mulut. Krim jerawat yang mengandung benzoil peroksida 2,5% sangat efektif untuk mengobati jerawat di sekitar mulut. Ada sabun anti-bakteri khusus yang dirancang untuk mengurangi jerawat di sekitar mulut. Jadi, mencuci muka dengan sabun ini, dapat membantu untuk menyingkirkan bakteri penyebab jerawat. 

3.Berhenti Menggunakan Pasta gigi fluoride


Jika Anda mengalami kejadian jerawat di sekitar mulut secara berulang , mungkin pasta gigi fluoride bisa jadi penyebabnya. Bahan kimia fluoride yang ada di berbagai pasta gigi memang sangat membantu untuk menjaga kebersihan mulut tapi tidak baik untuk kulit. Fluoride dikenal bisa mengiritasi kulit dan terlebih lagi dapat menyebabkan benjolan kecil di sekitar bibir saat kulit terkena bahan kimia ketika menyikat. Jadi, orang-orang dengan jerawat di sekitar mulut harus menghindari menyikat gigi dengan pasta gigi berfluoride. 

4.Baking Soda

Pasta baking soda dapat berkerja dengan baik untuk menghilangkan jerawat disekitar mulut dan hidung. Baking soda sangat efektif menjadikan kulit lebih lembut dan sangat mampu untuk mengurangi ukuran jerawat. Butlah pasta dengan mencampurkan 2 sdm baking soda dalam 2 gelas air hangat. Terapkan sekitar 10 menit, kemudan bilas dengan air dingin. Baking soda dapat menyebabkan sedikit sensai terbakar, namun dapat membantu menjadikan kulit lebih baik.





Judul : Tips Cantik - Cara Ampuh Mengatasi Jerawat di Sekitar Mulut
link : Tips Cantik - Cara Ampuh Mengatasi Jerawat di Sekitar Mulut




Tips Cantik - Cara Ampuh Mengatasi Jerawat di Sekitar Mulut

Sekianlah artikel Tips Cantik - Cara Ampuh Mengatasi Jerawat di Sekitar Mulut kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kamu semua. Sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

1 Response to "Tips Cantik - Cara Ampuh Mengatasi Jerawat di Sekitar Mulut"

  1. numpang share ya min ^^
    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete