Cara Memperbaiki Android Bootloop

Cara Memperbaiki Android Bootloop


Android adalah sistem operasi ponsel pintar yang paling banyak digunakan oleh produsen ponsel. Ini dikarenakan sistem android yang open source dan mudah dalam penggunaan, serta terintegrasi dengan salah satu raksasa internet yaitu Google. 
Namun salah satu masalah yang sering terjadi adalah bootloop dan kali ini kita akan belajar cara memperbaiki android bootloop.

Bootloop adalah suatu kondisi dimana android hanya bisa masuk kedalam logo booting saja dan tidak bisa masuk ke dalam menu utama ketika dihidupkan. 
Biasanya juga banyak istilah yang menyertainya. Misalnya stuck di logo ataupun ngeblank.


Apa Penyebab Android Bootloop ?

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan android anda bisa bootloop. Misalnya saja terkena malware, crash pada sistem, android yang sudah di root dan salah dalam pemasangan file modifikasi ataupun firmware yang mempunyai bug.


Cara Memperbaiki Android Bootloop

jika anda mendapati android anda sudah dalam posisi bootloop, anda bisa mmperbaikinya dengan cara di bawah ini.

1. Reset Ponsel Android Anda Lewat Recovery Mode

Recovery mode adalah sebuah jalan masuk lewat belakang yang artinya sebagai jalan alternatif untuk mengidentifikasi sistem anda. Kalau di komputer biasanya ada menu BIOS, dan fungsi dari recovery mode ini juga hampir mirip.

Untuk masuk ke dalam recovery mode semua ponsel mempunyai tombol kombinasi yang berbeda. Kalau ponsel jaman lama yang masih menggunakan tombol home seperti samsung, anda bisa masuk mode recovery ini dengan menekan secara bersamaan tombol power, home dan volume atas. Tentu dilakukan pada saat ponsel sedang offline.

Kalau untuk model terbaru anda bisa menggunakan tombol power dan volume atas saja. Setelah masuk ke menu recovery ini, anda bisa melakukan wipe reset data dan wipe reset cache. Ponsel anda akan di kembalikan seperti semula dan data internal ponsel anda akan hilang.

Untuk memilih di mode recovery tidak bisa dioperasikan dengan layar sentuh, untuk memilih tekan volume dan untuk verifikasi tekan power atau home.

Cara memperbaiki android bootloop yang pertama ini memang paling mudah untuk di praktekkan.

Jika sudah lakukan reset maka segera restart ulang saja. Jika sudah di restart masih sama saja bootloop, berarti ada yang salah dengan firmware anda atau bahkan hardwarenya. Kalau pas bootlop panas, biasanya ic nya ada yang bermasalah.

Kalau ponsel anda sudah di root dan bootloopnya karena menggunakan file modifikasi yang tidak cocok dan crash, langsung ganti custom rom saja atau file backup rom yang orinya.

2. Cara Memperbaiki Android Bootloop dengan Flashing

Ini tetunya kalau sudah tidak ada opsi lagi terkait android anda yang sudah bootloop. Anda bisa melakukan flashing ulang terkait firmware dan jenis ponsel nya. Karena memang setiap jenis ponsel mempunyai varian firmware yang berbeda. 

Untuk melakukan flashing selain anda membutuhkan firmware, anda membutuhkan software sesuai dengan chip yang digunakan dan seperangkat komputer yang sudah di install adb dan driver terkait ponsel anda.

Jika cara memperbaiki android bootloop dengan cara flashing dan reset tidak bisa, berarti masalah ada di bagian hardware nya, entah itu cpu maupun ic nya pasti ada yang bermasalah.

Kalau sudah mendapati problem ini, sebaiknya anda serahkan ke jasa service ponsel terdekat. Agar kerusakan tidak bertambah parah jika nantinya anda tangani sendiri.

Rata-rata untuk android yang sering bootloop ini akan dialami oleh orang yang suka ngoprek sistem android, anda androidnya sudah di root.
Judul : Cara Memperbaiki Android Bootloop
link : Cara Memperbaiki Android Bootloop




Cara Memperbaiki Android Bootloop

Sekianlah artikel Cara Memperbaiki Android Bootloop kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kamu semua. Sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Cara Memperbaiki Android Bootloop"

Post a Comment