Tragis! Inilah 7 Miliarder yang Bangkrut dan Jatuh Miskin

Tragis! Inilah 7 Miliarder yang Bangkrut dan Jatuh Miskin

Sekeras mungkin, mempertahankan status miliarder juga sebenarnya tidaklah mudah. Namun, ada juga banyak miliarder yang kehilangan semua kekayaannya hanya dalam waktu singkat.
Sebagian besar dari kasus-kasus ini adalah akibat dari kesalahan seperti pencucian uang, manipulasi  dan kejahatan keuangan lainnya, Di bawah ini adalah 7 daftar miliarder yang jatuh miskin.

1. Huang Wenji
huang wenji 402
Huang Wenji
 Huang Wenji adalah ketua Jincheng Holdings Ltd, perusahaan yang berbasis di Hong Kong. Sekitar 75 persen saham perusahaan dimiliki oleh Wenji dan istrinya Chen Jieyou. Namun, ketika pasar saham ambruk, sahamnya turun sekitar 91 persen hanya dalam dua hari. Masalah ini telah menyebabkan kerugian sebesar USD 1.9 miliar pada kekayaan pribadinya. Bahkan, volatilitas pasar saham Hong Kong telah menyebabkan beberapa perusahaan lain kehilangan miliaran ringgit.

2. Ramesh Chandra
Ramesh Chandra
Ramesh Chandra adalah seorang pengusaha dari India. Dia memiliki kekayaannya melalui real estate miliknya. Sementara pada puncak kekayaannya, Chandra diperkirakan memiliki kerajaan senilai USD 9.2 miliar. Dia berhasil memiliki banyak properti ini dengan bantuan Unitech, perusahaan real estate terbesar kedua di India hingga saat ini. Namun, pada tahun 2001 perusahaan telah terlibat dalam skandal telekomunikasi tingkat nasional yang menyebabkan putranya Sanjay Chandra ditangkap oleh pihak berwenang pada tahun 2011. Karena akumulasi jumlah hutang dan penjualan aset berskala besar, billonaire Ramesh Chandra tidak pernah bisa mengembalikan kekayaannya yang telah hilang.

3. Adolf Merckle
Adolf Merckle
Adolf Merckle pernah menjadi orang terkaya di Jerman. Sayangnya, Merckle dan beberapa miliarder lainnya telah terpengaruh oleh krisis keuangan yang terjadi pada 2008. Pada saat itu, Merckle diperkirakan telah kehilangan sekitar USD 3.5 miliar. Meskipun mengalami kerugian besar, ia masih tetap di antara lima orang terkaya di Jerman. Namun, pada akhir 2008, perusahaan investasinya, VEM, menghadapi krisis dan melaporkan kerugian sebesar USD 6.2 miliar. Untuk bangkit kembali, Mercle telah melakukan taruhan besar dengan melakukan beberapa investasi berisiko, yang pada akhirnya menyebabkan dia kehilangan lebih banyak uang. Setelah kehilangan hampir semua yang dimilikinya,ia memutuskan  mengakhiri hidupnya sendiri di minggu kedua bulan Januari 2009 lalu. Ia tewas setelah menabrakkan diri ke sebuah kereta api yang melintas di dekat rumahnya.


4. Seán Quinn
Seán Quinn
Kemerosotan ekonomi pada 2008 telah memaksa banyak perusahaan, kerugian bisnis, dan orang kaya menjadi bangkrut. Salah satunya adalah Sean Quinn, yang pernah menjadi orang terkaya di Irlandia dengan kekayaan bersih sekitar USD 5.9 miliar pada 2005. Dengan bantuan perusahaan induknya, Quinn Group, ia telah membeli beberapa perusahaan multinasional termasuk Bupa Ireland dan Anglo Irish Bank. Tidak lama setelah itu, krisis keuangan menghantam sistem perbankan Irlandia dan Sean Queen kehilangan hampir seluruh kekayaan keluarganya. Sebagian besar kontributor ini adalah kerugian drastis dari Anglo Irish Bank. Pada 2008, salah satu bisnis asuransi Quinn digugat USD 3.7 juta oleh Irish Financial Controller Institution karena pinjaman orang dalam yang dikeluarkan oleh asuransi Quinn. Dengan lebih banyak kasus litigasi likuidasi, denda fisik dan penipuan yang dilakukan oleh perusahaannya, Quinn akhirnya mengajukan kebangkrutan pribadi pada tahun 2011.


5. Elizabeth Holmes
Elizabeth Holmes
Elizabeth Holmes adalah penemu dan wirausaha AS yang telah menjadi miliarder untuk upaya bungsunya pada tahun 2015. Keberhasilan yang ia raih setelah perusahaan teknologi kesehatannya Theranos mencapai nilai USD 8.9 miliar dan menghasilkan keuntungan besar. Holmes telah menjadi selebriti instan dengan namanya terdaftar sebagai 100 orang paling berpengaruh pada tahun 2015 oleh majalah TIME. Namun, gelar miliardernya tidak bertahan lama ketika penyelidikan federal dilakukan terhadap perusahaannya. Perusahaan tersebut dikatakan telah menyesatkan investor tentang teknologi pengujian darah baru yang inovatif. Karena tuduhan ini, kredibilitas dan kekayaan pribadinya telah sangat terpengaruh. Majalah Forbes telah mengurangi kekayaan pribadinya menjadi kosong dan majalah Fortune menyebut Holmes salah satu "pemimpin paling mengecewakan di dunia". Dia juga dilarang memegang jabatan di perusahaannya sendiri selama dua tahun oleh Pusat Layanan Kesehatan dan Medis.

6. Bjorgolfur Gudmundsson
Bjorgolfur Gudmundsson
Krisis perbankan dunia yang melanda pada 2007-2008 telah mempengaruhi Islandia lebih buruk daripada negara lain di dunia. Semuanya berawal ketika tiga bank terbesar di Islandia gagal membayar kembali pinjaman mereka pada akhir tahun 2008. Ini telah menyebabkan gejolak ekonomi dan politik utama di Islandia selama lebih dari tiga tahun. Bjorgolfur Gudmundsson, orang terkaya kedua sebelum krisis, mengakuisisi sekitar 45 persen saham di Landsbanki, salah satu dari tiga bank terbesar di Islandia pada tahun 2002. Menurut majalah Forbes pada Maret 2008, Bjorgolfur peringkat 1014 terkaya di dunia dengan kekayaan USD 1.1 miliar. Menyusul dampak krisis keuangan yang melanda negara tersebut, Bjorgolfur kehilangan posisinya sebagai Ketua Landsbanki pada 2008 dan menyatakan kebangkrutan pribadi setahun kemudian. Dalam waktu kurang dari satu tahun saja, kekayaan pribadinya turun dari USD miliar menjadi 0. Putranya, Thor Bjorgolfsson, juga kehilangan semua kekayaannya selama krisis keuangan 2007-2008 tetapi berhasil mendapatkan kembali status miliarder pada tahun 2015. Sekarang, Thor adalah satu-satunya miliarder dari Islandia.

7. Eike Batista
Eike Batista
Eike Batista merupakan salah satu orang terkaya di Brasil dan di dunia. Bahkan pada 2010, Batista masuk di jajaran 100 orang paling berpengaruh di dunia versi Forbes. Namun kondisi kini berbeda.
Ia tak lagi masuk jajaran 100 orang terkaya di dunia.Bahkan hartanya tinggal tersisa di bawah US$ 1 miliar atau Rp 10 triliun. Harta Batista Rp 300 triliun lebih hilang dalam 1,5 tahun. Kenapa harta Batista bisa turun? Karena nilai saham sejumlah perusahaannya anjlok tajam. Bahkan utang-utang perusahaannya juga segunung. 
Judul : Tragis! Inilah 7 Miliarder yang Bangkrut dan Jatuh Miskin
link : Tragis! Inilah 7 Miliarder yang Bangkrut dan Jatuh Miskin




Tragis! Inilah 7 Miliarder yang Bangkrut dan Jatuh Miskin

Sekianlah artikel Tragis! Inilah 7 Miliarder yang Bangkrut dan Jatuh Miskin kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kamu semua. Sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Tragis! Inilah 7 Miliarder yang Bangkrut dan Jatuh Miskin"

Post a Comment